Ini Tindakan Saat Gempa yang Dikerjakan Saat dan Setelahnya

Musibah gempa memang belum bisa dipastikan kapan dan dimana keberadaannya akan terjadi belum ada lembaga satupun yang bisa memprediksi gempa akan datang namun ada beberapa langkah antisipatif yang bisa dilakukan oleh warga. Indonesia merupakan wilayah daratan dengan potensi gempa paling tinggi di dunia.

Saat ini gempa bisa terjadi kapanpun dan dimanapun di wilayah Indonesia kita masih ingat gempa yang paling dahsyat yang terjadi di Indonesia adalah pada saat di Yogyakarta dan aceh kemudian yang terakhir terjadi di Lombok dan palu, gempa merupakan kejadian alam yang tidak bisa dibuka dan tidak Bisa dihindarkan Namun sebagai manusia bisa mengusahakan untuk menjaga keselamatan.

Ada beberapa hal yang perlu di lakukan jika gempa terjadi, potensi keselamatan lebih besar dengan melakukan penyadaran dan pengetahuan dasar apa yang terjadi pada saat gempa. Jika kamu mengalami hal tersebut kamu bisa membuat langka di Simpati dan mengerjakan sesuatu yang berguna untuk dirimu dan lingkungan Apa yang dilakukan pada saat lomba baca berikut ini:

Langkah Darurat Gempa Saat dan Setelahnya

Mengenali lingkungan sekitar

Mengenali lingkungan sekitar merupakan kewajiban siapapun bagi orang yang tinggal di sebuah tempat, dengan cara seperti itu memahami betul Bagaimana potensi lingkungan yang akan terjadi jika terjadi gempa. Hal-hal yang tidak kan bisa dilakukan lebih dini dengan memiliki pemahaman yang cukup bagus.

Contoh sederhana adalah tidak membangun rumah diatas tanah dengan kontur yang mudah longsor, pemahaman seperti ini bisa dilakukan oleh siapapun dan perlu penyadaran bersama agar bisa meminimalisir potensi gempa.
Berlindung di tempat yang aman memang seharusnya dilakukan oleh setiap orang, biasanya orangnya terlebih dahulu panik pada saat terjadi gempa. Namun sebelum terjadi gempa sebenarnya bisa dilakukan beberapa penyebaran seperti memahami pola alam dan menjaga lingkungan sesuai dengan.

Salah satu hal yang penting adalah mengetahui nomor penting atau nomor darurat yang berhubungan langsung dengan pihak berwajib, seperti PMI, rumah sakit, unit gawat darurat, atau polisi.
Tindakan Saat Gempa yang Dikerjakan

Tindakan pada saat gempa

Hal-hal yang lakukan pada saat Gempa adalah menenangkan diri dan tidak panik pada saat terjadi gempa, memang tidak mudah tapi jika dilakukan dengan secara kolektif dengan penuh dengan kesadaran maka akan sangat mudah. Disini ada beberapa hal yang perlu diketahui dan harus dilakukan pada saat terjadi gempa.
  • Jika di dalam ruangan
Untuk Anda yang di dalam ruangan pada saat gempa bisa melakukan pergerakan bergeser sedikit menghindari ruangan yang mudah runtuh, jika tidak ada ruangan yang cepat untuk melarikan diri dan keluar dari ruangan sebaiknya lari dan menyelamatkan diri dengan cara berlindung di bawah kolong meja.
  • Jika berada di pusat perbelanjaan
Jika di dalam pusat perbelanjaan atau gedung yang besar biasanya akan ramai orang, jika kamu pada saat gempa dalam posisi seperti itu Usahakan untuk tetap dalam keadaan tenang kemudian mencari langkah strategis yang bisa menyelamatkan diri seperti tidak menggunakan lift atau eskalator, tidak gaduh dan bergerak menuju tempat terbuka.
  • Jika di dalam kendaraan
Jika kamu dalam keadaan di kendaraan pada saat gempa terjadi kamu bisa tetap tenang di dalam kendaraan dengan cara berpegangan pada tuas atau sesuatu yang bisa dijadikan pegangan dalam mobil atau kendaraan. Biasanya kendaraan kentrung akan mati atau berhenti pada saat gempa terjadi. Jika kamu sebagai pengemudi hendaklah memberhentikan kendaraan kemudian bergerak keluarlah dan bergerak menuju ke alam terbuka.
  • Ketika berada di gunung
Pada saat gempa bisa jadi terjadi di manapun, jika kamu berada di alam terbuka seperti gunung hal yang perlu dilakukan adalah menghindari perbukitan yang berpotensi untuk longsor, jika kamu berada di pinggir pantai setidaknya menjauhlah dari pantai karena gelombang air yang terjadi bisa jadi mengakibatkan tsunami dan ombak yang besar.
  • Mengerjakan sesuatu setelah gempa
Pada saat setelah gempa biasanya orang akan trauma dan sulit untuk segera melakukan sesuatu, langkah mudahnya jika anda mengalami hal itu adalah segera menenangkan diri terlebih dahulu setelahnya kemudian melakukan hal-hal yang sederhana yang bisa membuat kamu lebih tenang dan bisa melakukan tindakan setelahnya. Ada beberapa hal yang bisa dikerjakan setelah terjadi gempa di antaranya sebagai berikut:

Keluar keluar ruangan Jika kamu berada di ruangan setelah gempa. Kemudian pastikan anda masih dalam keadaan selamat dan bisa mengerjakan sesuatu yang bisa dikerjakan.

Langkah berikutnya Mintalah bantuan orang untuk memastikan lingkungan Anda aman dari aliran listrik dan gas, jangan melakukan tindakan yang berbahaya seperti menyalakan api, dan berdiam diri di atas bahan yang mudah terbakar.

Jika sudah melakukan hal seperti itu carilah bantuan untuk mendapatkan pertolongan pertama ada orang di sekitarmu dan Pastikan semuanya dalam keadaan tenang.

Berikutnya ikuti instruksi dari orang yang berwenang dalam keadaan darurat, dengan seperti itu akan diarahkan menuju arah yang lebih baik untuk ke arah yang lebih menyelamatkan.

Itulah beberapa tips sederhana yang bisa dilakukan Bagaimana cara menyelamatkan diri jika dalam keadaan gempa, potensi gempa bisa Kapan saja dan dimana saja akan terjadi. Namun jika kita memiliki pemahaman bersama Bagaimana penanggulangan dan penanganan darurat pada saat gempa maka akan lebih cepat dalam pemulihan selamat membaca dan terima kasih.

0 komentar