Evaluasi OSIS sekolah dan Cara Membuat Standart Laporan

Melaksanakan program kegiatan organisasi siswa intra sekolah atau disebut dengan OSIS biasanya merupakan tanggung jawab bersama yang harus dilaksanakan secara kolektif sehingga pelaksanaan program mencapai tujuan yang dimaksud dan memberikan manfaat yang baik pada siswa atau anggota, evaluasi program kerja OSIS merupakan salah satu bahan pokok yang harus dilakukan oleh organisasi dalam kurun waktu tertentu.

Melaksanakan program kerja dalam sebuah organisasi sebaiknya dilakukan sesuai dengan target dan ketentuan yang disepakati dalam sebuah rapat kerja. OSIS memiliki agenda kegiatan yang harus dilakukan sehingga memiliki patokan dan tolak ukur.

Salah satu yang harus dilakukan adalah evaluasi program kerja OSIS, evaluasi selayaknya dilakukan dalam periode tertentu ini ditentukan Sesuai dengan kesepakatan, biasanya organisasi melakukan evaluasi dengan sistem berkala secara waktu atau sistem periode.

Cara Evaluasi OSIS Sekolah SMP, SMA, SMA, dan SMK

Bentuk evaluasi OSIS

Bentuk evaluasi OSIS merupakan salah satu perangkat yang harus dimiliki oleh organisasi, pelaksanaan organisasi ini akan berjalan dengan baik jika memiliki tolak ukur yang jelas seperti dalam hal evaluasi, kapan dan di mana evaluasi harus dilakukan sehingga tidak melukai divisi tertentu atau memberikan kesan yang tidak enak pada divisi tertentu.
Bentuk evaluasi bisa berupa forum bersama, atau juga bisa berupa dengan menggunakan form evaluasi. Bentuk evaluasi bersama bisa berubah forum baik berupa forum formal atau informal, dalam bentuk sarasehan atau ngopi. Jika ingin menggunakan bentuk form maka harus menggunakan tolak ukur yang jelas. Form itu biasanya digunakan untuk mengukur ekspektasi dan hasil.

Perangkat evaluasi

Perangkat evaluasi ini yang dimaksudkan adalah untuk mengetahui apa saja yang berjalan dengan baik dan tidak, bentuk perangkat evaluasi di sini adalah bisa berupa alat dan orang. Contoh perangkat evaluasi yang bagus adalah terdapat orang yang melaksanakan kerja dan ada alat yang digunakan untuk melaksanakan kerja.

Perangkat evaluasi ini digunakan untuk mengukur kinerja baik secara perorangan atau secara kolektif dalam divisi, contoh perangkat evaluasi perorangan maka bisa diukur dengan seberapa banyak keterlibatan anggota dalam struktur dihitung dengan jumlah aktif dan non aktif anggota dalam struktur organisasi. Contoh perangkat evaluasi kerja OSIS dalam bentuk perwakilan, harus memiliki perwakilan setiap angkatan sehingga terjadi regenarasi yang bagus.
Evalusi OSIS sekolah Cara dan Standart Laporan

Baca juga struktur osis dan tugas kerja divisi

Evaluasi capaian

Capaian merupakan salah satu bentuk evaluasi yang harus dilakukan sehingga apa yang dilakukan memiliki dasar untuk dilaporkan, dalam bentuk laporan pertanggungjawaban setiap organisasi atau perseorangan dalam organisasi. Evaluasi ini biasa dilakukan dalam bentuk perorangan atau divisi atau secara kolektif korganisasian.

Evaluasi kemudian bisa dijadikan sebagai bentuk latar belakang untuk melakukan tindakan atau kegiatan dalam kurun waktu yang akan datang. Hasil yang didapatkan dari evaluasi capaian maka akan mendapatkan latar belakang dalam melakukan bentuk kegiatan ke depan atau yang akan datang.

Dokumentasi

Dokumentasi ini merupakan salah satu keharusan yang harus dibudayakan dalam setiap organisasi, pendokumentasian dalam bentuk apapun merupakan hal yang harus dilakukan oleh setiap organisasi baik organisasi profesional profit atau non profit, bentuk dokumentasi ini bisa berbagai macam bisa dalam bentuk visual atau audio visual, atau dalam bentuk perangkat keterangan.

Dokumentasi ini bertujuan untuk menjelaskan hasil atau apa yang sudah dikerjakan Sehingga dalam monitoring dan evaluasi sebuah kegiatan organisasi bisa terekam dengan baik dan bisa mengetahui mana yang harus diperbaiki dan tidak. Dokumentasi merupakan salah satu alat ukur untuk mengetahui keberadaan dan tujuan sebuah organisasi dalam melakukan program kerja dan tugas.

Itulah beberapa bentuk evaluasi yang harus dikerjakan dalam sebuah organisasi OSIS atau dalam bentuk program evaluasi dan monitoring sebuah organisasi baik profit maupun non profit, evaluasi dalam sebuah kegiatan organisasi merupakan keharusan yang harus dilakukan Sehingga dalam berorganisasi mendapatkan sesuatu yang bernilai dan bermanfaat. Selamat mencoba dan selamat bekerja dalam organisasi Anda semoga artikel ini memberikan manfaat Untuk Anda dan berikan komentar Jika anda ingin bertanya tentang evaluasi dan kinerja organisasi.

0 komentar