Cara Memahami Rumus Excel Dasar dengan Mudah

Dalam menjalankan bisnis memahami rumus dasar cara menghitung uang jika dilakukan dengan manual akan sangat melelahkan dan sangat menyulitkan, maka dari itu rumus dasar Excel haruslah dipahami sehingga mempermudah dalam sebuah kerja. Baik kerja untuk diri sendiri atau untuk kantor dengan seperti itu ketika membuat sebuah rekap hitungan penjualan atau perdagangan bisa cukup efektif dengan menggunakan Excel sederhana.

Rumus Excel sebenarnya bisa dilakukan sesuai dengan kebutuhan yang sangat kompleks tapi untuk kali ini kita mencoba membaca Bagaimana cara kerja dan memahami fitur dan fungsi rumus pada Excel sederhana.

Rumuskan beberapa fungsi yang tersedia pada Excel merupakan rumus yang sangat kompleks yang mudah dipahami. Pemahaman ini tentu disesuaikan dengan kebutuhan misal pembagi biasa atau jumlah biasa. Memahami kebutuhan dasar dalam menjalankan Excel tentu haruslah disesuaikan dengan kebutuhan cara pokok dalam memahami fungsi Excel adalah mengetahui secara pasti penggunaan utamanya dan memahami secara pokok alurnya seperti fungsi penggunaan dan formula penggunaan.

Baca juga ice breaking game mencari pasangan kelompok

Agar tidak terlalu sulit dan berbelit maka beberapa rumus dasar yang harus dihafal atau harus dipahami adalah fungsi dasar pokok yang dimiliki oleh Excel. Diantara fungsi dan rumus dasar adalah dibawa berikut:
Cara Memahami Rumus Xxcel Dasar dengan Mudah

Fungsi dasar pada Microsoft Excel

Fungsi di bawah ini merupakan beberapa fungsi standart yang penggunaannya bisa standart atau kompleks, namun fungsi ini biasanya digunakan untuk standart penggunaan tertentu jika hanya menggunakan tertentu tanpa penambahan rumus di dalamnya.
  • Fungsi SUM, fungsi ini merupakan fungsi dasar digunakan untuk menghitung total dari kolom yang dimasukkan: "syntax  =SUM(sel_awal:sel_akhir)"
  • Fungsi AVERAGE digunakan untuk mencari nilai rata-rata nilai pada kolom yang dimasukkan "Syntax  =AVERAGE(sel_awal:sel_akhir)"
  • Fungsi MAX merupakan fungsi yang digunakan untuk menilai nilai terbesar dari nilai yang ada pada kolom tertentu. "Syntax=MAX(sel_awal:sel_akhir)"
  • Fungsi MIN digunakan untuk mencari nilai terkecil atau mengurangi pada kolom tertentu. "Syntax  =MIN(sel_awal:sel_akhir)"
  • Fungsi COUNT  adalah fungsi yang digunakan untuk menjumlahkan dalam data pada kolom tertentu. "Syntax =COUNT(sel_awal:sel_akhir)"
Cara kerja fungsi atau rumus dalam sebuah Excel merupakan cara kerja yang menggunakan struktur logika data yang ada terdapat pada kolom tertentu dengan membagi menjumlah atau menguranginya dengan kolom yang lain.Contoh cara mengerjakan:

Letakan pointer pada cell H39
  • Masuk ke Tab Home pilih Autosum (klik dropdown)
  • Pilih sum. ” pada cell H39 otomatis akan ditambahkan formula =SUM(H34:H38)
  • Tekan Enter dan Nilai akan masuk kedalam Cell
  • Untuk Fungsi Average, min, max, dan count langkahnya sama dengan langkah diatas. letakan pointer sesuai dengan cell tujuan yang akan dicari hasilnya. pada saat menggunakan autosum excel akan otomatis seleksi range, perhatikan seleksi datanya jika seleksi melebihi range anda dapat seleksi ulang dengan blok manual menggunakan mouse.
Itulah beberapa penggunaan dan rumus utama atau bisa disebut dengan rumus Excel dasar yang bisa digunakan untuk menghitung kebutuhan. Penggunaan rumus Excel dasar ini perlu latihan agar anda yang membutuhkan terbiasa dan lebih mudah untuk menghafal nya Selamat mencoba.

0 komentar