Tujuan dan Bentuk Organisasi di Indonesia

Organisasi pada Wikipedia dijelaskan satu kelompok yang tergabung dalam satu wadah untuk tujuan bersama. Bahasa organisasi dari bahasa Yunani yang berarti alat. Dalam KBBI Kamus Besar Bahasa Indonesia organisasi dijelaskan sebagai kelompok kerjasama antara orang-orang yang diadakan untuk mencapai tujuan bersama.
Tujuan dan Bentuk Organisasi di Indonesia

Di dalam sebuah organisasi biasanya terdapat berbagai macam unsur seperti bagan atau struktur, job description, dan beberapa perangkat yang lain. Diantara yang terpenting dalam organisasi adalah sebagai berikut:
  1. kelompok atau orang yang tergabung di dalamnya 
  2. kerjasama kelompok
  3. target atau tujuan organisasi dan rencana kerja.
Pada perkembangannya hingga saat ini seiring dengan keterbukaan informasi dan kebebasan berpendapat, banyak kelompok sosial atau masyarakat dengan independen atau mandiri mendirikan organisasi sesuai dengan perkembangannya masing-masing atau kebutuhannya masing-masing contoh dalam pembagian organisasi hingga saat ini masyarakat dengan sukarela berkumpul untuk membentuk sebuah organisasi formal atau non formal.

Pada perkembangannya masyarakat sudah mampu membedakan berbagai macam bentuk organisasi bagaimana bentuk organisasi formal atau organisasi non formal sebagai contoh organisasi non formal sebuah kelompok penyuka sesuatu atau hobi yang sama.

Manfaat dan tujuan organisasi

Dengan berkumpulnya kelompok bentuk organisasi berguna untuk mempermudah sebuah tujuan sama, orang orang atau kelompok yang tergabung dalam organisasi, sebelum berkumpul sebuah organisasi orang-orang biasanya lebih dahulu menyatukan pikiran atau cara pandang dan tujuan bersama. Dengan dua kata kunci di atas maka dengan mudah kelompok atau organisasi dengan secara tertarget mampu mencapai tujuan bersama.

Macam-macam bentuk organisasi

1. organisasi formal: Organisasi formal adalah organisasi yang terbentuk dalam sebuah wadah yang memiliki badan hukum tetap, seperti perserikatan bangsa-bangsa atau kita kenal dengan singkatan PBB.
2. organisasi informal: Organisasi informal muncul dalam bentuk kelompok sering muncul untuk memenuhi kebutuhan bersama, antara pihak yang satu dengan pihak yang lain. organisasi jenis ini muncul atas kebutuhan sebuah kelompok yang berdasarkan atas lokasi, pekerjaan, dan isu-isu khusus. contoh organisasi informal adalah kelompok mahasiswa, kelompok bisnis non-pemerintahan.
3. organisasi non-formal: kerjasama antar kelompok yang tergabung dalam sebuah wadah bersama guna menyalurkan tujuan bersama. seperti kelompok hobi tertentu contoh hobi bermotor.

Itu adalah sedikit ulasan bentuk dan bagaimana contoh organinisasi, selamat berorganisasi untuk mempermudah kerja agar secara ringan bisa mencapai tujuan tertentu.

0 komentar