Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

9 Pengaturan Tempat Duduk Dalam Rapat Sebuah Forum

9 Jenis ruang rapat Pengaturan Tempat Duduk Sebuah Forum IniTuban.com

Sobat untuk menyiapkan sebuah rapat anda perlu menyiapkan setting forum yang mendekati sempurna, dalam menyiapkan tata ruang dalam forum maka anda perlu sangat jeli memetakan forum Apakah yang akan dilaksanakan. Setiap pelaksanaan forum rapat atau diskusi membutuhkan penataan atau pengaturan ruangan bagus, penataan ruang yang bagus sangat berpengaruh pada kondisi rapat yang akan berlangsung.

Dalam sebuah pertemuan atau rapat masing-masing rapat forum membutuhkan setting atau pengaturan ruangan yang berbeda, masing-masing forum membutuhkan keunikan sendiri dalam penataan ruangan. Mulai dari pertemuan forum yang formal, informal, hingga nonformal, dalam skema menentukan model ruangan anda perlu menyiapkan beberapa hal seperti meja, kursi, hingga whiteboard jika dibutuhkan.

Pengaturan tempat duduk pertemuan

Pada umumnya setting forum / setting ruangan yang disiapkan untuk sebuah acara rapat terbagi menjadi 9 jenis. Mari kita simak jenis jenis ruang rapat yang akan kami jelaskan di artikel berikut:

1. Setting ruangan dalam bentuk klasik "Gaya kelas"

Setting ruangan dalam bentuk klasik "Gaya kelas"

Beberapa lebih suka menyebutnya sebagai "gaya sekolah". Itu terdengar seperti apa layaknya kita kembli ke masa masa sekolah tempo dulu. Kursi dan meja diatur dalam barisan menghadap ke depan untuk mendukung presentasi, menggunakan komputer, cemilan makanan dan makan besar. Pengaturan semacam ini dapat digunakan ketika kita menginginkan tamu rapat bisa menikmati sajian banyak makan makanan yang beraneka ragam, menggunakan komputer mereka atau membuat catatan selama pertemuan. Ini paling sesuai untuk pelatihan dan ceramah. Namun, hindari memaksakan terlalu banyak peserta rapat dengan kapasitas ruangan yang tersedia, hal ini akan mengakibatkn peserta rapat tidak akan mendapatkan memanfaat dari ruang yang nyaman dan dengan demikian menimbulkan ketidakpuasan.

2. Setting ruangan dalam Gaya berbentuk huruf U

Menempatkan meja konferensi / rapat dari ujung satu ke ujung lainya dengan satu arah tatanan meja terbuka, sehingga membuat meja yang tertata seperti layaknya membentuk huruf U adalah suatu jenis gaya pengaturan lain yang umum digunakan saat mendekorasi ruang rapat. Anda juga dapat menggunakan meja bundar dan menempatkan kursi di sekitar menyisakan satu bukaan di salah satu ujungnya untuk keperluan presentasi. 

Biasanya tujuan pembukaan adalah untuk memungkinkan presentasi yang bersifat visual sehingga semua orang dapat melihatnya. Gaya ini sangat mudah jika ada kebutuhan untuk menggabungkan presentasi dan beberapa interaksi atau diskusi kelompok. Cocok untuk pertemuan umum tahunan kecil, konferensi dan lokakarya.

Setting ruangan dalam Gaya berbentuk huruf U

3. Gaya ruang rapat

Berbeda dengan gaya U, gaya ini mencakup kursi di semua sisi meja. Meja persegi panjang atau oval cocok untuk jenis penataan ini. Namun ketika grup lebih besar, Anda dapat memilih untuk bergabung dengan meja untuk membentuk kotak berongga untuk ruang rapat. Ketika Anda ingin mencapai interaksi tatap muka untuk audiens Anda atau ketika mereka telah membuat permintaan itu, maka sangatlah tepat untuk menggunakan gaya ruang pertemuan rapat seperti ini. Namun hati-hati dengan jumlah peserta yang akan menghadiri ruangan rapat tersebut karena dri jumlah tersebut akan menentukan apakah Anda akan menggunakan kotak berlubang, pengaturan ruang rapat persegi panjang atau hanya satu meja yang pada akhirya ruangan rapat yang akan anda buat dapat mempengaruhi aspek komunikasi peserta rapat itu sendiri. Gaya ruang rapat ini paling cocok dan sesuai untuk jenis rapat dewan direksi, rapat komite, briefing tim, dan wawancara.Tujuan dari bentuk setting perdegi panjang ini adalah untuk memberikan posisi yang sama kepada seluruh peserta forum mulai dari pimpinan hingga peserta forum yang lain.

Gaya ruang rapat

4. Gaya Teater / Auditorium

Ini pada dasarnya adalah deretan kursi yang menghadap ke depan ruangan, biasanya dibagi oleh tengah dan / atau gang samping agar dapat diakses oleh delegasi dengan mudah. Sebagian besar baris dan kolom seharusnya sama. Jika rapat Anda tidak membutuhkan banyak pencatatan atau saat Anda ingin mencapai kapasitas duduk maksimum, maka gaya pengaturan ini akan menjadi ide yang bagus. Biasanya paling cocok untuk rapat sekitar 2 jam. Ini paling sesuai untuk rapat massal, rapat umum tahunan, dan peluncuran produk.

Gaya Teater / Auditorium

5. Jenis Gaya Ruang Rapat Koktail

Jika Anda pernah ke pesta koktail, Anda mungkin telah memperhatikan bahwa ini adalah acara yang sangat sosial yang membutuhkan banyak gerakan, interaksi, dan jaringan pada waktu-waktu tertentu. Inilah alasan kami memiliki tabel yang dirancang khusus untuk tujuan itu. Meja dengan hati-hati tersebar di seluruh ruangan atau arena luar ruangan dan biasanya menyediakan dukungan dan penempatan minuman koktail dan makanan ringan.

Jenis Gaya Ruang Rapat Koktail

6. Jenis Gaya Ruang Rapat Perjamuan

Di sinilah meja bundar digunakan dan diatur dalam pengelompokan yang dihitung untuk memungkinkan pergerakan yang mudah serta layanan makanan saat orang sedang duduk. Beberapa meja sebenarnya didesain sebagai meja perjamuan. Karena sifatnya yang meningkatkan kenyamanan dan kemudahan interaksi, gaya pengaturan ini biasanya sesuai untuk makan malam, resepsi pernikahan, dan malam penghargaan.

Jenis Gaya Ruang Rapat Perjamuan

7. Jenis Gaya Ruang Rapat "Gaya lemari"

Nah yang ini mungkin terdengar terlalu asing tapi anggap saja itu setengah dari gaya perjamuan. Sedangkan dalam gaya perjamuan kami memiliki kursi yang melingkar di meja, kursi yang satu ini diatur dengan ruang yang tersisa di depan agar para tamu dapat memiliki pemandangan yang indah ke depan. Cocok untuk malam penghargaan dan acara perayaan santai.

8. Jenis Gaya Ruang Rapat Berbentuk V

Dekat dengan gaya ruang kelas tetapi dalam jenis pengaturan ini, meja dan kursi dimiringkan dengan sudut ke atas dan ke dalam sehingga orang yang berada di ujung terjauh dari setiap baris dapat melihat pembicara atau mengamati apa yang terjadi "tanpa banyak perjuangan untuk bisa melihat presentasi rapat". Ini meningkatkan konsentrasi selama pertemuan serta manfaat lain yang disebutkan di atas dalam gaya pengaturan kelas. Juga cocok untuk pelatihan kelompok dan ceramah.

Jenis Gaya Ruang Rapat Berbentuk V

9. Round table

Setting forum ini biasanya digunakan untuk sebuah forum bersama yang terkolompok pada titik titik kecil. Setting meja ini biasanya digunakan untuk fokus group discution bentuk Pengaturan Tempat Duduk Dalam Rapat.

Itulah sedikit penjelasan dari kami, bagaimana dan seperti apa bentuk pola penataan tempat duduk atau meja dalam sebuah forum. Penataan sebuah forum akan sangat berpengaruh pada kondisi forum yang akan berlangusng, kondisi lain yang perlu anda perhatikan dalam menyipakan sebuah forum adalah pencahayaan, tata sirkulasi udara atau tingkat kelmbapan udara dalam sebuah rungan.

Hal diatas seperti pencahayaan, kelembapan dan kesunyian dalam ruang rapat jangan sampe terlewatkan, ini merupakan salah satu bagian untuk menjaga tetap fukusnya sebuah forum, akan kami sejalaskan lebih rinci dalam konten berikutnya. Demikian sajian tentang bagaimana dalam menyiapkan meja atau kursi dalam sebuah forum Pengaturan Tempat Duduk Dalam Rapat.

Apakah Anda mengetahui gaya pengaturan tempat duduk pertemuan yang mungkin kami tinggalkan? Berikan komentar di bagian komentar di bawah ini. 

Mari memperluas pembahasan ke media sosial. Sukai halaman Facebook kami dan ikuti kami di akun sosmed yang sudah kami sediakan dibawah. Terimakasih.

Post a Comment for "9 Pengaturan Tempat Duduk Dalam Rapat Sebuah Forum"

Join WhatsApp GROUP

JOIN GROUP in WhatsApp. It’s time for you to be patient waiting for our sharing.

Join Now