Ciri-ciri Organisasi dan Bentuk Struktur Onganisasi

Sahabat setelah konten yang lebih awal kita jelaskan tentang apa dan bentuk onganisasi serta tujuan Organisasi di Indonesia pada umumnya, yang berjudul Tujuan dan Pengertian Bentuk Organisasi di Indonesia, saat ini Kami akan menjelaskan ciri-ciri dan unsur-unsur yang terkandung dalam organisasi.

Bahasa sederhana yang bisa kita pakai bisa disebut juga sebagai sekumpulan atau kelompok orang untuk mencapai tujuan bersama, dalam Organisasi terdiri dari berbagai macam unsur. Unsur-unsur dalam organisasi diantaranya sebagai berikut:
  • Adanya manusia atau orang
  • Bentuk kerjasama
  • Adanya tujuan bersama
  • Peralatan organisasi
  • Kelompok atau lingkungan organisasi berkedudukan
  • Kekayaan alam atau aset
  • Kerangka/Bangunan Mental

Ciri-ciri Organisasi dan Bentuk Struktur Onganisasi
Secara garis besar, Organisasi bisa diakui keberadaannya meliputi manusia, kerjasama, dan tujuan bersama. Berapa unsur tersebut jika saling terkait memiliki satu kesatuan bisa disebut sebagai organisasi.

Sebuah Organisasi mutlak diperlukan tujuan atau kebenaran kelompok atau organisasi, jika satu kelompok atau golongan ingin memperjuangkan cita-cita atau tujuan bersama, maka organisasi mutlak dibentuk. Di dalam sebuah organisasi atau kelompok tidak ada kebenaran mutlak atau kebenaran sempurna bentuk onganisasi.

Struktur Bentuk dalam Organisasi

Contoh organisasi sosial, organisasi-organisasi sosial di dalamnya ciri yang berhubungan langsung dengan organisasi tersebut contohnya dibawah ini:
  1. Organisasi meiliki rumusan dan batasan batasan dalam bekerja. Batasan dan tujuan yang jelas dimaksudkan untuk pencapaian sebuah tujuan kelompok atau organisasi sekaligus memenuhi suara atau pendapat tiap anggota.
  2. Organisasi berkedudukan jelas, di Indonesia organisasi yang berkedudukan jelas memiliki surat keterangan atau SK dari kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia. Kedudukan atau identitas yang jelas ini mengisyaratkan adanya organisasi yang jelas, memiliki struktur atau badan organisasi, meilik  tujuan bersama dalam organisasi, memilik tempat organisasi berkedudukan, memiliki anggota, dan sebagainya.
  3. Organisasi memiliki ciri khas masing-masing. Karakter atau berciri khas organisasi bisa berbentuk organisasi formal, informal, dan non formal. Setiap organisasi memiliki ciri-ciri atau khas yang berbeda dalam cara kerja anggota organisasi.

Karakteristik dan sifat struktur Organisasi

1. Properti struktur organisasi
2. Karakteristik struktur rasional menurut IniTuban.com
3. Karakteristik struktur organisasi modern

1. Properti Organisasi

Proses departemen mengarah pada pembentukan struktur organisasi yang terkait erat dengan tujuan organisasi secara keseluruhan dan setiap proses yang terjadi di sana. 

Catatan 1
Struktur Organisasi mengekspresikan hubungan dan integritas semua elemen dalam sistem manajemen.

Sifat utama struktur organisasi modern dapat disebut:

  1. Struktur ini mengintegrasikan divisi tenaga kerja horizontal, vertikal, fungsional, dan kualifikasi profesional. Misalnya, struktur Organisasi bank komersial bertujuan untuk menggabungkan kegiatan manajer dari setiap tingkat, profesional dari berbagai profesi, serta fungsi efektif operasi, pemasaran, teritorial dan divisi lainnya, organisasi kerja dengan klien perusahaan dan individu.
  2. Struktur tersebut merupakan cerminan dari teknologi perusahaan itu sendiri dan semua proses pengelolaannya.
  3. Struktur organisasi adalah ekspresi dari subordinasi tertentu dari pihak berwenang, rasio subordinasi dan kekuasaan. Di banyak organisasi, hubungan tersebut dapat diabadikan dalam dokumentasi peraturan: undang-undang, peraturan, deskripsi pekerjaan. Masing-masing dokumen ini mendefinisikan fungsionalitas masing-masing badan pengatur, menetapkan batas-batas pembagian hak dan tanggung jawab.

2. Karakteristik struktur rasional oleh IniTuban.com

Pada tulisan kali ini kami mencoba merumuskan konsep birokrasi, yang menggambarkan karakteristik berikut dari struktur organisasi rasional:

  1. Kejelasan pembagian tenaga kerja;
  2. Hierarki tingkat manajemen, yang menentukan kontrol dan subordinasi masing-masing di bawah tingkat ke tingkat yang lebih tinggi;
  3. Interkoneksi standar dan aturan umum yang diformalkan untuk memastikan kinerja tugas staf yang seragam dan koordinasi tugas yang berbeda;
  4. Kehadiran anonimisasi formal dalam pelaksanaan tugas resmi;
  5. Mempekerjakan secara ketat sesuai dengan persyaratan kualifikasi tertentu;
  6. Melindungi staf dari pemotongan sewenang-wenang dan PHK.

3. Karakteristik struktur Organisasi modern

Kompleksitas, formalisasi, dan sentralisasi adalah salah satu karakteristik utama struktur organisasi.

Definisi 1
Kompleksitas adalah jumlah elemen struktural individu dalam suatu organisasi.
Semakin tinggi pembagian tenaga kerja, semakin banyak tingkat hierarki organisasi, semakin banyak perpecahan yang tersebar, semakin sulit untuk mengkoordinasikan kegiatan staf. Kompleksitas struktur yang tinggi di antara industri jasa dibedakan oleh organisasi keuangan, industri komunikasi dan transportasi, yang ditandai dengan spesialisasi kerja sempit yang melekat, banyak tingkat manajemen dan jaringan kantor teritorial yang luas. Kompleksitas kecil khas untuk perusahaan konsultan, salon kecantikan, lokakarya kerajinan, di mana spesialisasinya cukup luas dan karyawan individu dapat mengambil alih kinerja seluruh siklus layanan pelanggan.

Definisi 2
Formalisasi adalah karakteristik struktur organisasi, yang menunjukkan sejauh mana organisasi menggunakan aturan dan prosedur yang berbeda dalam kegiatannya.
Semakin besar jumlah prosedur dan aturan yang bekerja dalam organisasi, semakin diformalkan strukturnya.

Definisi 3
Sentralisasi adalah karakteristik struktur organisasi yang bertanggung jawab atas tempat konsentrasi dalam struktur manajemen hak pengambilan keputusan mendasar.
Itulah sedikit gambaran tentang bentuk struktur bangunan dan ciri-ciri organisasi yang berkembang di era digital saat ini, berbagai macam bentuk organisasi tersebut tergantung pada bagaimana setiap anggota dalam membentuk organisasi tersebut. baik berupa, bentuk onganisasi informal maupun nonformal.

IniTuban.com

 

Belum ada Komentar untuk "Ciri-ciri Organisasi dan Bentuk Struktur Onganisasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel