Ciri-ciri Organisasi dan Bentuk Struktur Onganisasi

Sahabat setelah konten yang lebih awal kita jelaskan tentang apa dan bentuk onganisasi serta tujuan organisasi di Indonesia pada umumnya, saat ini Kami akan menjelaskan ciri-ciri dan unsur-unsur dalam organisasi. Secara sederhana organisasi dalam Wikipedia adalah suatu kelompok tergabung menjadi dengan tujuan bersama.

Bahasa sederhana yang bisa kita pakai bisa disebut juga sebagai sekumpulan atau kelompok orang untuk mencapai tujuan bersama, dalam organisasi terdiri dari berbagai macam unsur. Unsur-unsur dalam organisasi diantaranya sebagai berikut:

  • Adanya manusia atau orang

  • Bentuk kerjasama

  • Adanya tujuan bersama

  • Peralatan organisasi

  • Kelompok atau lingkungan organisasi berkedudukan

  • Kekayaan alam atau aset

  • Kerangka/Bangunan Mental



Secara garis besar, organisasi bisa diakui keberadaannya meliputi manusia, kerjasama, dan tujuan bersama. Berapa unsur tersebut jika saling terkait memiliki satu kesatuan bisa disebut sebagai organisasi.

Sebuah organisasi mutlak diperlukan tujuan atau kebenaran kelompok atau organisasi, jika satu kelompok atau golongan ingin memperjuangkan cita-cita atau tujuan bersama, maka organisasi mutlak dibentuk. Di dalam sebuah organisasi atau kelompok tidak ada kebenaran mutlak atau kebenaran sempurna bentuk onganisasi.

Struktur Bentuk dalam Organisasi


Contoh organisasi sosial, organisasi-organisasi sosial di dalamnya ciri yang berhubungan langsung dengan organisasi tersebut contohnya dibawah ini:

  1. Organisasi meiliki rumusan dan batasan batasan dalam bekerja. Batasan dan tujuan yang jelas dimaksudkan untuk pencapaian sebuah tujuan kelompok atau organisasi sekaligus memenuhi suara atau pendapat tiap anggota.

  2. Organisasi berkedudukan jelas, di Indonesia organisasi yang berkedudukan jelas memiliki surat keterangan atau SK dari kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia. Kedudukan atau identitas yang jelas ini mengisyaratkan adanya organisasi yang jelas, memiliki struktur atau badan organisasi, meilik  tujuan bersama dalam organisasi, memilik tempat organisasi berkedudukan, memiliki anggota, dan sebagainya.

  3. Organisasi memiliki ciri khas masing-masing. Karakter atau berciri khas organisasi bisa berbentuk organisasi formal, informal, dan non formal. Setiap organisasi memiliki ciri-ciri atau khas yang berbeda dalam cara kerja anggota organisasi.


Itulah sedikit gambaran tentang bentuk struktur bangunan dan ciri-ciri organisasi yang berkembang di era digital saat ini, berbagai macam bentuk organisasi tersebut tergantung pada bagaimana setiap anggota dalam membentuk organisasi tersebut. baik berupa, bentuk onganisasi informal maupun nonformal.

0 komentar