OSIS : Manfaat dan Landasan Organisasi Siswa Intra Sekolah

Organisasi siswa intra sekolah, atau yang sering disebut dengan OSIS. Saat ini kegiatan siswa tidak hanya berkutat pada wilayah di dalam kelas atau kegiatan belajar mengajar, siswa saat ini dianjurkan aktif dalam wadah organisasi yang disebut dengan OSIS. dibentuk bertujuan untuk pelatih para siswa berorganisasi dan siswa diajarkan untuk menjalankan berbagai macam kegiatan dalam organisasi kesiswaan.

Banyak manfaat yang bisa diambil dari siswa jika para siswa bergabung atau turut serta aktif dalam organisasi intra sekolah. Positif yang ada di dalam OSIS bisa memberikan perkembangan positif dan melatih kepemimpinan diri atau dalam kepemimpinan organisasi, bentuk macam kegiatan yang diadakan bisa membangun karakter siswa menjadi pribadi yang aktif dan mampu bekerja sama dalam tim.
Manfaat lain yang bisa diambil dari keikutsertaan siswa dalam OSIS, siswa terlatih dan mengembangkan diri dalam bentuk organisasi atau kelompok untuk bisa menjalankan sebuah program yang mendekati profesional. Tidak banyak waktu dalam bergabung sebuah ke organisasian siswa intra sekolah paling tidak siswa, bisa belajar organisasi dalam kelas. Ikut sertaan siswa dalam hanya bisa menjadi anggota pada saat status siswa masih aktif.

Manfaat-manfaat bergabung dalam OSIS


1. OSIS sebagai wadah melatih organisasi
Satu-satunya organisasi yang diakui secara resmi dan terstruktur dalam intra sekolah adalah OSIS, keanggotaan siswa dalam bisa menjadi tolok ukur dan penilaian terhadap siswa.

2. OSIS sebagai perangkat motivasi
Seringkali banyak ide atau gagasan siswa muncul saat bercanda atau bergabung dengan teman-teman seangkatan atau teman-teman sekolah, dengan adanya organisasi para siswa bisa mewujudkan gagasan atau ide yang terkumpul dan mewujudkan secara nyata. Dengan adanya siswa akan sedikit lebih mudah untuk mewujudkan gagasan atau ide.

3. OSIS sebagai wadah perlindungan siswa
Pada perkembangan era modern saat ini banyak tantangan yang dihadapi para siswa, pengaruh negatif berbagai macam kelompok di luar siswa menjadikan siswa harus kuat menghadapi berbagai macam tantangan. Organisasi siswa intra sekolah bisa dimanfaatkan untuk mengorganisir atau mengarahkan kelompok siswa dalam bentuk kegiatan yang lebih positif, kegiatan siswa yang positif paling tidak bisa memproteksi siswa dari macam-macam penagaruh negativ.

Itulah sedikit gambaran bagaimana dan apa yang perlu jadi landasan organisasi siswa intra sekolah dibentuk dan merencanakan sebuah program, program spesifik bisa menyesuaikan atas kebutuhan para siswa guna mendorong ikut sertaan para siswa dalam sehingga para siswa mau bergabung dalam dan berkegiatan secara positif.

0 komentar