Struktur OSIS dan Tugas Kerja Divisi dalam OSIS

Contoh struktur organisasi siswa intra sekolah, dalam sebuah organisasi selayaknya terdapat struktur yang dibangun dan tugas kerja, tugas kerja dalam organisasi bisa dibentuk dalam sebuah rapat organisasi atau dalam AD/ART yang diatur oleh organisasi. Organisasi intra sekolah juga semestinya menerapkan pola atau struktur organisasi yang teratur dan terukur dengan teraturnya dan terukurnya bentuk struktur organisasi maka akan mempermudah cara kerja organisasi dan pembagian kerja dalam sebuah tim atau sebuah organisasi dalam atau untuk mencapai tujuan organisasi.

Elemen atau faktor penting dalam organisasi adalah adanya infrastruktur atau bangunan organisasi, ini bisa sangat mudah terlaksana dan mencapai tujuan pada saat organisasi telah menemukan gagasan dan ide dalam bentuk program kerja yang nyata, bentuk program kerja yang nyata bisa didapatkan oleh organisasi dengan sarat kesepahaman bersama atau kesamaan ide dalam organisasi. Persamaan ide atau gagasan dalam organisasi bisa dibentuk dalam sebuah forum bersama kita di dalam OSIS bisa dibentuk forum tahunan, rapat tahunan organisasi siswa intra sekolah biasanya dilaksanakan setelah ketua baru terbentuk dan rapat ini seringkali dilaksanakan untuk menyelaraskan kesepahaman dan menyamakan ide atau gagasan guna mewujudkan program kerja yang aplikatif dan bisa dilaksanakan secara bersama.
Struktur OSIS dan Tugas Kerja Divisi dalam OSIS

Contoh-contoh struktur organisasi intra sekolah:


Organisasi intra sekolah biasanya terdiri atas ketua wakil ketua sekretaris wakil sekretaris bendahara wakil bendahara. Masing-masing aktor tersebut memiliki bekas kerja masing-masing memiliki parket tujuan perorangan dalam keorganisasian, dibawah ini akan kami jelaskan job description atau tugas-tugas dari setiap anggota yang didelegasikan atau anggota yang mendapatkan jabatan di dalam organisasi intra sekolah.

Struktur OSIS Contoh tugas dan kerja Ketua


Tugas kerja ketua OSIS adalah memantau seluruh pola kerja anggota dalam struktur organisasi siswa intra sekolah yang menjadi bawahannya menata manajemen organisasi sehingga organisasi siswa intra sekolah berjalan sesuai dengan perencanaan yang telah ditentukan. Tanggung jawab ketua OSIS memenuhi pola kerja mulai dari wakilnya hingga secara keseluruhan keanggotaan dari hasil tersebut.

Tugas kerja wakil ketua OSIS

Wakil ketua OSIS bisa dikatakan sebagai penanggung jawab kedua dari sebuah organisasi intra sekolah, perkenalannya organisasi intra sekolah besar petumbukan kepada wakil ketua OSIS pada saat ketua OSIS berhalangan hadir seperti pada saat pembukaan acara atau mewakili tugas kerja ketua OSIS jika ketua OSIS saat berhalangan hadir. Wakil ketua OSIS pasar dikatakan sebagai ketua 2 yang bertanggung jawab atas berjalannya tugas kerja organisasi siswa intra sekolah.

Tugas dan cara kerja Sekretaris organisasi siswa intra sekolah

Tugas dan kerja sekretaris OSIS adalah mencatat seluruh kegiatan keorganisasian dalam bentuk surat-menyurat serta mendokumentasikan seluruh hasil rapat kerja dan dokumentasi surat-menyurat dari osis, pentingnya sebuah dokumentasi dalam organisasi adalah untuk mereview atau mengevaluasi kerja organisasi secara keseluruhan baik evaluasi dalam kurun waktu jangka pendek atau evaluasi dalam kurun waktu jangka panjang.

Tugas kerja bendahara dan wakil bendahara dalam struktur OSIS

Selayaknya tugas-tugas bendahara pada umumnya bendahara mewakili ketua dalam mengelola keuangan atau mengelola dokumentasi keuangan kegiatan secara umum. Laporan keuangan secara umum mulai dari bentuk kegiatan serta laporan keuangan pemasukan dan pengeluaran organisasi ditumpukan kepada bendahara organisasi OSIS. Pada saat laporan kegiatan melalui ketua acara bendahara oSIS bertanggung jawab atas keuangan pelaksanaan acara pada saat laporan akhir tahun program kerja organisasi OSIS.

Berikutnya adalah tugas kerja divisi atau bahasa yang sering digunakan oleh anggota OSIS adalah seksi-seksi, turkey atau seksi-seksi dalam organisasi bisa berbentuk berbagai macam. Berbagai macam atau kebutuhan dalam sebuah organisasi OSIS tergantung pada anggota kebutuhan apa yang akan dikerjakan sehingga akan mewujudkan divisi atau seksi-seksi yang terdapat dalam organisasi siswa intra sekolah.

Berikut dibawah ini adalah contoh seksi-seksi visi dalam organisasi OSIS

Seksi ketaqwaan atau seksi agama dan kepercayaan koma seksi kehidupan berbangsa dan bernegara koma seksi bela negara dan budi pekerti koma seksi kepribadian dan budi pekerti koma seksi organisasi pendidikan politik dan kepemimpinan koma seksi keterampilan dan kewirausahaan koma seksi kesegaran jasmani dan Daya Kreasi koma seksi persepsi apresiasi dan kreasi koma seksi teknologi informasi dan komunikasi dan seksi bahasa.

Itulah sedikit gambaran Bagaimana struktur osis organisasi intra sekolah dibentuk untuk kebutuhan memenuhi atau menyelenggarakan gagasan atau ide bersama dari para siswa yang tergabung dalam organisasi siswa intra sekolah, kebutuhan akan divisi atau seksi-seksi untung Bagaimana dan apa yang direncanakan oleh para anggota OSIS.

0 komentar