Bau Mulut Saat Puasa Penyebab dan Cara Mengurangi

Bulan Ramadan adalah bulan yang luar biasa bagi umat Islam, bagi seorang muslim menjaga puasa adalah hal yang utama namun seringkali bingung bagaimana jika bau mulut saat puasa terjadi lalu bagaimana cara menghilangkannya.

Bau mulut saat puasa sering kali terjadi ada kajian ilmiah yang mengatakan bahwa bau mulut tidak muncul begitu saja. Lalu apa penyebab dan kira-kira apa yang perlu dilakukan jika bau mulut terjadi saat berpuasa.

Beberapa hal berikut kami sajikan Apa penyebab dan bagaimana cara menanggulangi bau mulut yang terjadi saat bulan puasa simak secara lengkapnya.

Faktor utama penyebab bau mulut


Beberapa kajian yang sudah dilakukan mengatakan bahwa bau mulut yang sering dikeluhkan oleh orang yang berpuasa disebabkan oleh banyaknya bakteri pada mulut. Banyaknya bakteri pada mulut karena kurang bersih ini berakibat pada keluhan pada gusi dan gigi.

Fakta sebenarnya mulut menyimpan ribuan bakteri di sela gigi, lidah, dan gusi. Secara alami bakteri ini membantu fungsi mulut dan memproses makanan yang dikunyah. Namun ketika terjadi iritasi atau inflamasi pada gusi gigi atau lidah maka bakteri tersebut tidak bekerja sebagai mestinya justru merusak pada bagian mulut. Pada saat inilah biasanya orang mengeluhkan rasa yang tidak nyaman dan bau mulut.

Beberapa keluhan lain yang sering menjadi penyebab bau mulut biasanya ada keluhan pada paru-paru yang mengeluarkan gas terlalu banyak kemudian beraroma dan menjadi bau mulut. Keluhan utama pada sistem pencernaan biasanya menghantarkan aroma asam dan gas lambung kemudian naik pada area mulut dan hal ini menjadi faktor utama penyebab bau mulut muncul.

Selain masalah kesehatan yang muncul pada penyebab bau mulut, ada juga faktor makanan atau minuman yang menjadi konsumsi utama. Kami sarankan Anda mengurangi jenis makanan yang bisa menyebabkan bau mulut yang terlalu berlebihan. Seperti makanan yang terlalu banyak bawang baik bawang merah atau bawang putih, alkohol, durian, dan beberapa jenis makanan yang lainnya. Begitu juga dengan rokok ataukah sebaiknya Anda mengurangi untuk mengurangi bau mulut yang dulu.

Apa penyebab utama bau mulut saat puasa cara mengurangi


Seperti yang dijelaskan diatas, banyak faktor yang menimbulkan bau mulut itu keluar. Sehingga dapat berapa hal yang menjadi catatan utama, masalah utama yang keluar pada saat bau mulut saat menjalankan aktivitas puasa banyaknya produksi air liur yang menurun dan banyaknya kandungan bakteri yang tidak bersih secara sempurna.

Langkah sederhana Apa yang bisa dilakukan untuk mengurangi bau mulut pada saat bulan puasa, anda bisa melakukan hal ini sederhana pada saat Anda menjalankan bulan puasa.

Penyebab utama bau mulut adalah terjadinya interaksi bakteri dan sisa makanan pada mulut. Catatan ini yang perlu Anda pertimbangkan sehingga Anda perlu melakukan pembersihan pada mulut Anda pada saat Anda puasa.

Anda bisa mencoba dengan aktivitas berkumurlah selama 5 kali sesudah Anda santap sahur, anda bisa berkumur saat Setelah berbuka puasa sebanyak 5 kali pula.

Itulah sedikit tips dari kami Bagaimana cara menanggulangi dan mengurangi bau mulut pada saat puasa. Bulan puasa memang waktunya untuk beribadah dengan baik tapi jangan khawatir dengan bau mulut saat puasa.

0 komentar