Air Legen Dapat Meningkatkan Seksulitas

Ketika melewati beberapa ruas jalan ketika masuk Kabupaten Tuban, anda akan disuguhi dengan pemandangan pohon aren ataupun pohon lontar pengahasil air legen. Anda juga akan melihat di pinggir jalan orang jualan LEGEN dan buah siwalan. Beberapa minuman tersebut memang tidak asing di telinga banyak orang. Namun, terkadang ketika melihat pinggir jalan, terdapat beberapa orang yang menjajakan minuman berwarna putih keruh namun terlihat segar.

Penjual menggunakan tulisan sederhana dengan menuliskan ‘Legen Tuban’. Legen ini memang belum terlalu populer di kalangan masyarakat, karena belum banyak dijual bebas seperti es degan. Tidak semua ruas jalan juga terdapat penjual air legen asli. Meskipun air legen terlihat keruh, namun sekilas melihatnya saja terlihat sangat segar seperti air degan atau kelapa muda.

CARA MENDAPATKAN AIR LEGEN

Memiliki arti dalam bahasa jawa yakni legi atau manis. Minuman ini berasal dari bunga pohon siwalan yang berjenis perempuan. Airnya sendiri didapatkan dari sulur bunga pohon siwalan yang di potong sedikit untuk disadap dan diambil getahnya. Untuk menampung getah, biasanya digunakan tabung bambu. Penyadapan dilakukan dengan waktu semalam saja, dan pada pagi harinya, tabung bambu akan penuh dengan air getah dari pohon siwalan ini. Rasa getah siwalan sebenarnya sedikit asam, dan untuk menghilangkan rasa asamnya, biasanya akan dicampurkan sedikit air kapur.

Selain pohon siwalan, sebenarnya dapat dihasilkan dari manggar bunga aren dan manggar bunga kelapa, hanya saja legen yang berasal dari pohon siwalan lebih banyak dijual. Manggar bunga aren yang dapat disadap untuk diambil bukan bunga betina seperti pada pohon siwalan, namun malah bunga jantan yang dapat menghasilkan miniman kahas. Bunga pohon kelapa juga dapat diambil airnya untuk dijadikan air legen. Namun, legen dari pohon kelapa ini tidak banyak diambil. Karena kelapa sendiri lebih banyak dimanfaatkan air kelapa muda dibandingkan dengan air legennya.

HARGA


Kalau air legennya asli biasa nya dijual dengan harga 8.000 sampai 15.000. Dan desa paling Banyak pengahasil LEGEN adalah Desa Tunah, Desa Tasikmadu, Desa Panyuran, Desa Perungahan Kulon, Desa Tambangan, Desa Mboto.

KANDUNGAN

Minuman yang berasal dari sadapan getah manggar bunga siwalan, maupun legen yang berasal dari kelapa maupun pohon lainnya, memiliki beberapa kandungan gizi didalamnya. Beberapa kandungan air legen diantaranya:
Gula, protein, netrogen,PH 6,7 sampai 6,9, mineral, fosfor, zat besi, Dan vitamin C serta vitamin B1.
Beberapa kandungan dalamnya, membuat air legen tidak hanya segar, akan tetapi dapat bermanfaat untuk kesehatan ketika meminumnya.

AIR LEGEN CARA MENYIMPAN


Memiliki manfaat yang luar biasa meskipun belum banyak diketahui oleh banyak orang. Yang perlu diperhatikan, yakni dengan segera meminum yang telah disadap dari pohonnya. Minuman ini tidak dapat bertahan lama seperti air kelapa. Jika penyimpanannya kurang tepat, air legen hanya dapat bertahan selama beberapa jam saja. Dengan penyimpanan yang benar, dapat bertahan selama 2 hari. Hal ini disebabkan karena aktivitas mikroba yang ada dalam air legen dapat melakukan proses fermentasi air legen dengan cepat. Air legen yang telah mengalami proses fermentasi dapat berubah menjadi tuak yang memabukkan, bukan lagi air legen yang manis.

MANFAAT
Meskipun terlihat keruh, namun memiliki rasa yang manis dan segar untuk melepas dahaga. Selain itu, air memiliki banyak kandungan gizi yang bermanfaat untuk tubuh. Dari kandungan yang dimiliki air legen, memiliki beberapa manfaat. Meskipun dari asal pohon yang berbeda, namun secara umum memiliki manfaat yang sama. Beberapa manfaat yang dimiliki diantaranya: Melepas Dahaga, Mengantikan Cairan tubuh yang hilang, Memulihkan Stamina, Bermanfaat untuk ibu hamil, Mencegah Impotensi, Meningkatkan Produktifitas Seksualitas tinggi, Meningkatkan Produktifitas Sperma, Mengikis kalsium Pada saluran kencing, sekaligus obat kencing batu, Memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, Melancarkan pencernaan, Bersifat Abiotikm Mengurangi Stetres.

Berbagai manfaat dari yang begitu banyak, sangat disayangkan apabila anda belum pernah mencoba untuk meminumnya. Jika tidak beli pada petaninya langsung, sebaiknya dapat tepat memilih penjual, karena banyak penjual yang mencampurkan bahan pemanis buatan yang merusak rasa asli dari air legen. Tidak ada salahnya mencoba meminum ketika Anda lewat kota Tuban, karena legen tidak berbahaya dan tidak memabukkan.

1 komentar: