5 Novel Spektakuler Karya Dee Lestari

Supernova adalah nama seri novel fiksi ilmiah populer karya novelis muda, Dewi Lestari. Dewi Lestari atau yang akrab dipanggil dengan nama Dee Lestari. Pada seri episode Supernova ini Dee akan menghadirkan empat tokoh penting, yaitu Bodhi, Elektra, Zarah, dan Alfa. Bodhi muncul di episode Akar, Elektra Wijaya di episode Petir, Zarah Amala di Partikel, dan Thomas Alfa Edison Sagala di Gelombang. Silahkan dibaca novel yang mencoba mengabungkan antara science Dan spritual,impian Dan bagaimana memaknai hidup dengan bijaksana.

1. Supernova: Kesatria, Putri Dan Bintang

Terinspirasi kisah dongeng berjudul Kesatria, Putri, dan Bintang Jatuh, karya mereka dimulai. Dimas dan Reuben merancang tokoh-tokoh mereka, lengkap dengan konfliknya.
Tokoh Kesatria di wakili seorang eksekutif bernama Ferre yang berada di puncak karier. Muda, tampan, sukses, dan lajang, Ferre memiliki segalanya. Namun, wawancara dengan seorang reporter bernama Rana mengubah hidupnya. Ferre jatuh cinta kepada Rana, yang mengingatkannya akan tokoh Putri dari dongeng yang pernah ia dengar semasa kecil. Masalahnya, Rana sudah bersuami.

Ferre tidak bertepuk sebelah tangan. Rana, yang mendamba kebebasan dan merasa terkungkung dalam pilihan-pilihan yang ia buat, menyambut cinta Ferre dan terjalinlah hubungan terlarang di antara mereka.
Sementara itu, seorang peragawati papan atas bernama Diva menjalani kehidupan ganda. Di luar dari dunia kerjanya di catwalk, Diva dikenal sebagai perempuan panggilan dengan tarif termahal. Di mata Diva, semua orang adalah pelacur. Ia memilih dengan sadar untuk melacurkan tubuh dan menjaga hartanya yang paling berharga, yakni hati dan pikirannya. Meski bayarannya mahal, klien-klien Diva seperti terbius dan tergila-gila. Mereka amat menikmati mengobrol bersama Diva yang selalu bicara jujur dan apa adanya. Sebaliknya, Diva tidak mempedulikan satu pun dari mereka. Satu-satunya pria yang ia hadapi dengan perasaan hanyalah seorang pemuda bernama Gio. Bagi Gio, Diva adalah cinta pertama dan cinta matinya.

Di dunia maya, seorang tokoh cyber dengan julukan Supernova menjadi penghubung kehidupan mereka yang seolah terpisah-pisah. Supernova memiliki jaringan newsletter yang disebut sebagai Taman Kanak-kanak Kehidupan. Kehadiran Supernova selalu ditunggu. Perspektifnya yang menyegarkan tentang hidup menjadi jawaban yang dicari-cari banyak orang. Termasuk Rana.

Hubungan Rana dan Ferre semakin terpojok. Rana tidak berani meninggalkan pernikahannya. Tanpa ia tahu, suaminya, Arwin, diam-diam mengetahui hubungannya dengan Ferre. Akibat berkonsultasi dengan Supernova, Arwin menyikapi isu perselingkuhan istrinya dengan cara yang tidak diduga-duga. Hal itu mengagetkan Rana dan membuatnya malah berbalik.

Ferre mendarat di titik kritis. Trauma masa kecilnya kembali menyeruak. Rahasia yang ia pendam sekian lama akhirnya harus kembali ia hadapi. Ferre, sebagai Kesatria, harus menghadapi pengkhianatan Rana, Sang Putri. Dan, apakah Bintang Jatuh kali ini akan muncul menjadi penyelamatnya, atau penghancurnya?

2. Supernova: Akar

Setelah sebelumnya mendapat pertanda dari mimpi, di sebuah wihara di Lawang, Pasuruan, Guru Liong menemukan seorang bayi yang ditinggalkan di bawah pohon. Bayi itu memiliki bentuk kepala yang aneh. Guru Liong menamainya Bodhi dan membesarkannya di wihara.

Tidak cuma bentuk tengkorak kepalanya yang berbeda dengan orang lain, Bodhi memiliki indra keenam yang kelewat peka, yang membuat hidupnya jadi tidak tenang. Berontak dengan kondisinya, Bodhi memutuskan untuk pergi meninggalkan wihara. Ia menyeberang ke Sumatra. Petualangannya dimulai ketika Bodhi mendapat tiket untuk pergi ke Malaysia. Ia bertemu dengan para backpacker dan terpikat untuk ikut bertualang.

Setelah tiba di Thailand, Bodhi bertemu dua orang yang mengubah hidupnya. Pada saat yang hampir bersamaan, ia berkenalan dengan Kell, seorang seniman tato dengan 617 tato di tubuhnya, yang konon datang jauh-jauh ke Thailand untuk menemui Bodhi. Ia memiliki misi khusus, yakni menurunkan ilmu tatonya kepada Bodhi dengan tujuan bahwa Bodhi-lah orang terakhir yang akan menorehkan tato ke-618 di tubuhnya. Orang kedua yang Bodhi temui adalah Ishtar Summer, seorang perempuan cantik dan misterius yang ingin menyelidiki Bodhi.

Setelah Bodhi menato Ishtar, Bodhi dan Kell sama-sama tahu bahwa sudah saatnya Bodhi memberikan tato terakhir kepada Kell. Keduanya menghindar. Bodhi melanjutkan petualangannya dan berakhir menjadi pekerja di sebuah ladang ganja di Golden Triangle. Di sana, Bodhi memutuskan untuk berhenti menghindar dan kembali mencari Kell agar misi mereka tuntas. Ia mendapat petunjuk Kell pergi ke Kamboja. Modal nekat, Bodhi berangkat ke Kamboja. Ia terjebak sebuah padang ranjau. Di sana, Bodhi bertemu Epona, petugas penjinak ranjau yang akhirnya membawa Bodhi ikut ke kamp. Di sana, Bodhi kembali dipertemukan dengan Kell.

Lepas dari petualangannya keliling Asia Tenggara, Bodhi kembali ke Indonesia. Memanfaatkan keahliannya sebagai seniman tato, Bodhi menemukan rumah baru di komunitas punk yang dipimpin oleh Bong. Satu hari, Bodhi menemukan surat di sebuah komputer. Surat yang ditujukan kepada Akar. Bodhi tahu, surat itu ditujukan untuknya. Perjalanannya ternyata baru akan dimulai.

3. Supernova: Petir

Di Kota Bandung, seorang anak sebatang kara bernama Elektra Wijaya, baru saja kehilangan segalanya. Elektra kehilangan ibunya sejak lama, dan ayahnya baru-baru saja. Kakaknya, Watti, menikah dan pindah ikut suaminya ke Tembagapura. Elektra sendirian mengurus rumah besar dan berantakan peninggalan Wijaya Elektronik, usaha ayahnya yang tidak menguntungkan.

Elektra bertahan hidup dari celengan yang ia kumpulkan sejak kecil. Pilihan terakhir adalah menjual rumahnya. Dan, Elektra masih mencoba bertahan. Ia menjajaki berbagai pilihan mitra bisnis, dari mulai MLM sampai toko roti, tapi tidak ada yang berhasil.

Sebuah surat kaleng datang satu hari. Sebuah institusi pendidikan gaibmenawarinya posisi dosen. Awalnya, Elektra ketakutan, tapi karena terpepet ingin cari kerja, ia berubah pikiran. Surat kaleng itu akhirnya membawa Elektra berkenalan dengan Ibu Sati, seorang pemilik toko barang-barang ritual, yang memberi perhatian ekstra kepada Elektra. Sebuah insiden dengan seorang dukun bernama Ni Asih yang sempat Elektra mintai nasihat akhirnya juga membuka potensi misterius yang Elektra tak pernah tahu asalnya dari mana. Ia bisa menyetrum orang.

Alih-alih mendapatkan pekerjaan, Elektra malah kecanduan chatting ke warnet. Elektra yang selalu kuper dan tidak punya teman mendapatkan dunia pertemanan baru lewat internet. Pada satu titik, fisiknya ambruk. Elektra lalu dirawat oleh Ibu Sati. Selama berada di rumah Ibu Sati, Elektra belajar meditasi dan pernapasan. Ibu Sati juga mencetuskan ide bisnis kepada Elektra. Dengan bantuan temannya, Kewoy, Elektra berkenalan dengan hacker sekaligus entrepreneur bernama Mpret yang terkenal jago membidani bisnis warnet.

Mpret jatuh cinta kepada rumah Elektra yang besar dan lokasinya strategis. Mereka pun bermitra. Rumah Elektra dijadikan warnet sekaligus tempat nongkrong bernama Elektra Pop yang sukses dan ramai dikunjungi anak-anak muda Bandung. Hidup Elektra mulai berbalik. Namun, masih ada masalah yang tersimpan di dalam tubuhnya sendiri.

Elektra kembali jatuh sakit, dan tak sengaja ia menyetrum teman-temannya. Insiden itu memaksanya kembali ke Ibu Sati. Barulah Ibu Sati sedikit demi sedikit mengungkap potensi Elektra yang selama ini tersimpan. Ia menyarankan Elektra menjadi penyembuh, agar kelebihannya dapat tersalurkan secara konstruktif.
Di tengah-tengah kesibukan Elektra Pop, Elektra mulai praktik kecil-kecilan sebagai penyembuh. Ternyata potensinya tidak berhenti di sana. Elektra menemukan bahwa ia bisa menembus dan membaca memori seseorang.

4. Supernova: Partikel

i sebuah kampung bernama Batu Luhur, Bogor, Zarah dan adiknya, Hara, dibesarkan secara tidak konvensional. Ayah mereka, Firas, adalah seorang dosen dan ahli mikologi. Zarah sebagai anak tertua menjadi tumpuan harapan Firas. Sedari kecil, Zarah tidak disekolahkan. Firas mendidik Zarah sendiri.

Lambat laun, pilihan-pilihan Firas semakin membuatnya terpojok. Firas terkucil dari lingkungan kerja, desa, bahkan keluarganya sendiri. Semua berawal dari obsesi Firas kepada satu tempat angker bernama Bukit Jambul. Ketika anak ketiganya lahir cacat dan meninggal, keluarganya menyalahkan Firas dan Bukit Jambul yang dianggap membawa kutukan. Satu hari, setelah meninggalkan amanat kepada Zarah untuk melindungi Bukit Jambul, Firas lenyap. Satu-satunya jejak yang ia sisakan hanya empat bundel jurnalnya.

Kepergian Firas mengubah dinamika hubungan Zarah dan keluarganya. Zarah dianggap aneh dan pemberontak, sama seperti Firas. Ketika akhirnya Zarah bersekolah, ia sering membuat masalah. Sosok sahabat ia temukan ketika seorang anak baru dari Nigeria bernama Kosoluchukwu menjadi teman sebangkunya.

Pada ulang tahunnya yang ke-17, sebuah kamera langka tahu-tahu dikirim untuk Zarah. Tidak ada identitas pengirim. Zarah yakin, melacak kamera tersebut akan mengungkap keberadaan ayahnya. Zarah lantas belajar fotografi. Kamera tersebut membawanya melanglang buana. Zarah sempat bekerja di penampungan orang utan Tanjung Putting, sebelum akhirnya ia mendapat tawaran bermarkas di London.

Oleh dua teman barunya, Paul dan Zach, Zarah digembleng menjadi fotografer profesional. Di London, Zarah menemukan cinta pertamanya. Ia pun dipertemukan kembali dengan sahabat lamanya, Koso.
Berkat bantuan Paul, Zarah menemukan jejak seseorang bernama Simon Hardiman di Glastonbury. Simon diduga adalah orang yang mengirim kamera untuk Zarah. Simon dan Firas ternyata memiliki hubungan pertemanan. Simon berencana membantu penelitian Firas tapi belum sempat terwujud. Dengan menggunakan bantuan tanaman enteogen yang diyakini Firas menjadi kunci terbukanya dimensi lain, Zarah melakukan melakukan percobaan pertamanya. Simon, dibantu seorang syaman bernama Hawkeye, mengawal proses tersebut.

Sebuah kabar duka dari Indonesia terpaksa menginterupsi proses mereka. Zarah pun kembali ke Indonesia. Di perjalanan, ia menemukan sepucuk surat misterius, ditujukan kepada seseorang yang disebut Partikel. Zarah tahu, surat itu ditujukan kepadanya. Sementara itu, di Bandung, Elektra akhirnya bertemu Bodhi. Satu kontak singkat membuat mereka tersadar. Pertemuan mereka adalah awal dari petualangan baru.

5. Supernova: Gelombang

Sebuah upacara gondang mengubah segalanya bagi Alfa. Makhluk misterius yang disebut Si Jaga Portibi tiba-tiba muncul menghantuinya. Orang-orang sakti berebut menginginkan Alfa menjadi murid mereka. Dan, yang paling mengerikan dari itu semua adalah setiap tidurnya menjadi pertaruhan nyawa. Sesuatu menunggu Alfa di alam mimpi.

Perantauan Alfa jauh membawanya hingga ke Amerika Serikat. Ia berjuang sebagai imigran gelap yang ingin mengubah nasib dan status. Pada satu malam, kehadiran seseorang memicu Alfa untuk menghadapi ketakutannya yang terbesar. Alam mimpinya ternyata menyimpan rahasia besar yang tidak pernah ia bayangkan. Di Lembah Yarlung, Tibet, jawaban mulai terkuak.

Sementara itu, pencarian Gio di Rio Tambopata menemui jalan buntu. Pada saat yang terduga, muncul kembali pria yang pernah menemuinya di Vallegrande. Pria itu mengarahkan Gio ke pencarian baru. Petunjuknya adalah empat batu bersimbol, merepresentasikan empat orang, dan Gio ternyata adalah salah satu dari mereka.

Dee sudah mengajak berpikir secara science juga spiritual. Kalau ada dimensi ketiga, makabisa jadi ada dimensi ke empat, bahkan mungkin juga ke lima dan seterusnya. Fisikawan Albert Einstein menyebut dimensi ke empat adalah waktu. Menurut saya logika keterbatasan pandangan manusia inibisa dibandingkan bagaimana kira-kira seekor semut melihat manusia?Memahami manusia Indigo bisa dilihat dengan cara ini, mungkin orang-orang ini mempunyai pandangan yang lebih dari manusia biasa. Itu yang terlintas di pikiran saya.

 

 

2 komentar