Karang Taruna Begini dan Stuktur Organisasi Manfaatnya

Karang taruna organisasi pemuda desa, adalah sebuah wadah bagi para pemuda desa dalam bentuk organisasi yang diakui secara resmi oleh pemerintah. dibentuk dengan tujuan untuk pengembangan dan pembinaan para pemuda desa, dalam upaya pengembangan dan pembinaan karang taruna sedikit banyak berfokus pada dua fungsi besar yaitu pelayanan Kesejahteraan Sosial dan usaha ekonomi produktif.

Karang taruna berpedoman pada pedoman dasar dan pedoman rumah tangga (PD/PRT) yang diatur oleh struktur pengurus dan jabatan masing-masing wilayah desa atau kelurahan, sampai dengan tingkat nasional.

Organisasi kepemudaan ini beranggotakan anak muda dengan rentan usia 13 tahun hingga 45 tahun, batasan kepengurusan dalam organisasi berkisar antara 17 hingga 45 tahun.

Target utama pendirian oraganisasi di setiap desa adalah pemberdayaan para pemuda untuk meregenerasi atau pendidikan dan pemberdayaan kebanyakan, difokuskan pada kegiatan-kegiatan dalam bentuk bidang ekonomi, olahraga, keorganisasian, keterampilan, advokasi, keagamaan, dan kesenian.

Tugas pokok dan bekerja sama dengan pemerintah dalam mengelola para anak muda guna mengembangkan dan memperhatikan kegiatan yang lebih positif, pola kerja organisasi kepemudaan ini diantaranya adalah membuat pelatihan-pelatih dan merencanakan kegiatan kegiatan ekonomi.

Organisasi Karang karang taruna bisa dikategorikan sebagai organisasi informal, bentuk struktur dan kelembagaan organisasi di bawah naungan Kementrian kepemudaan.

Diposisikan sebagai organisasi kepemudaan yang dimanfaatkan untuk memberdayakan para pemuda desa, untuk pengembangan kemampuan pengembangan ekonomi dan pengarahan Pemuda kepada kegiatan-kegiatan yang produktif dan lebih membangun.

Peran penting organisasi karang taruna



  1. memotivasi para pemuda untuk menyelenggarakan usaha Kesejahteraan Sosial

  2. menyelenggarakan berbagai macam pelatihan dan pendidikan bagi masyarakat umum

  3. penyelenggaraan pemberdayaan generasi muda secara komprehensif terpadu dan terarah sesuai dengan tujuan organisasi karang taruna

  4. menyelenggarakan kegiatan produktif ekonomis bagi masyarakat muda di Lingkungan organisasi karang taruna tersebut

  5. memberikan pendidikan karakter atau pendidikan kepribadian guna meningkatkan kesadaran tanggung jawab bagi pemuda sendiri dan masyarakat pada umumnya

  6. menumbuhkan kreativitas bagi para pemuda guna memberikan dampak yang lebih positif agar terbangun kelompok pemuda yang lebih produktif dan kreatif

  7. menyelenggarakan pendampingan sosial bagi masyarakat yang kurang Sejahtera atau dibawah garis kemiskinan

  8. Pemuda dianjurkan untuk bekerjasama untuk menjalin kemitraan bersama dengan organisasi organik luar karang taruna

  9. selanjutnya karangtaruna difungsikan sebagai pencegahan para pemuda dari organisasi organik ekstrim atau organisasi-organisasi yang bagi para pemuda itu sendiri.


Dalam organisasi, peraturan dalam keanggotaan karang taruna bisa dibagi menjadi dua bagian Pertama keanggotaan aktif yang dimaksud dengan keanggotaan aktif adalah anggota organisasi yang bersifat kader, bisa jadi anggota atau kader yang aktif ini bisa memenuhi syarat ketentuan tertentu yang diatur oleh anggota atau oleh organisasi seperti Mengikuti berbagai berbagai macam pelatihan yang dilaksanakan oleh karang taruna.

Kedua anggota pasif yang dimaksud dengan anggota pasif di sini adalah seluruh pemuda yang terdaftar di daerah tertentu yang di bawah naungan oleh tersebut secara otomatis Pemuda tersebut menjadi anggota pasif.

Bentuk struktur organisasi karang taruna

Selayaknya organisasi maka dibutuhkan secara mutlak bentuk struktur organisasi yang jelas, dengan terbentuknya struktur organisasi dan pembagian kerja tugas dalam organisasi menjadikan atau lebih mudah untuk mencapai suatu tujuan atau cita-cita dalam organisasi.

Organisasi ini biasanya terbentuk dalam bentuk struktur keorganisasian sebagai berikut: Ketua, wakil ketua, sekretaris, wakil sekretaris, bendahara, wakil bendahara, seksi-seksi atau divisi-divisi:

  • Divis Pendidikan dan Pelatihan

  • divisi usaha Kesejahteraan Sosial,

  • divisi kelompok usaha bersama,

  • divisi Kahar kerohanian

  • divisi olahraga dan seni budaya,

  • divisi lingkungan hidup dan

  • divisi hubungan masyarakat dan kerjasama kemitraan.


Itulah sedikit penjelasan dari kami tentang bagaimana organisasi dibentuk sesuai dengan filosofi dan pola kerjanya beserta struktur bentuk badan organisasi karang taruna, berbagai macam bentuk dan pembagian dalam divisi organisasi. disesuaikan dengan kebutuhan para pemuda di wilayahnya masing-masing. Itulah dari kami sekian dan semoga ini bisa memberi manfaat bagi para pemuda kita salam.

0 komentar