Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Minuman Tradisional Khas Tuban yang Perlu Anda Coba

Minuman tradisional khas Tuban yang kerap kali menjadi perbincangan banyak orang adalah Legen dan toak namun ada banyak beberapa minuman tradisional khas  Tuban yang perlu Anda ketahui.

Ada beberapa tempat yang memiliki minuman khas tradisional tidak terkecuali Kabupaten Tuban, kabupaten yang terletak di pesisir pantai utara jumlah penduduk lebih dari 1 juta jiwa. Merupakan kabupaten yang cukup luas yang terletak di kawasan Jawa Timur.

Kabupaten merupakan salah satu kabupaten yang terletak di ujung barat jawa Timur dan berbatasan dengan kawasan Jawa Tengah. Kabupaten Tuban memiliki tingkat keluasan yang cukup banyak memiliki lebih dari 300 desa dan keluarahan.

Minuman Legendaris Khas Tuban


Ada beberapa minuman tradisional yang dimiliki oleh Kabupaten Tuban diantaranya adalah sebagai berikut:

Legen

minuman tradisional khas tuban legenMerupakan salah satu minuman tradisional diam dari pohon siwalan, pohon siwalan adalah salah satu pohon yang terletak di Tuban yang jarang ditemukan di kota lain.
Agen merupakan minuman yang diambil dari air yang mana melalui pohon siwalan.

Konon minuman ini juga mempunyai khasiat untuk menyembuhkan batu ginjal, beberapa orang sudah pernah mencobanya tapi secara akademik dan medis belum ada kajian ilmiah yang membuktikannya.

Toak

Merupakan minuman tradisional khas tuban yang sebenarnya sama terbuat dari Sari pohon siwalan. Toa merupakan minuman tradisional yang masuk dalam kandungan minuman fragmentasi.

Secara umum orang Tuban menyebutnya sebagai minuman yang "basi", atau mudahnya bisa disebut tua adalah minuman fragmentasi yang terbuat dari Legen.

Konon minuman ini mampu menyembuhkan kencing batu, saya Sebutkan konon karena belum ada kajian ilmiah yang membuktikan secara akademik. Namun secara pribadi saya pernah melihat secara langsung kejadian ini terjadi pada teman saya.

Seorang teman saya yang mengalami kencing batu Kemudian beberapa saat ia mengkonsumsi atau meminum tolak secara teratur dan akhirnya kencing batu tersebut secara berkala sembuh dan tidak kambuh lagi.

Dawet siwalan

minuman tradisional khas tuban dawet siwalanDawet Siwalan adalah minuman tradisional khas tuban yang biasanya disajikan dalam keadaan dingin terbuat dari buah Siwalan yang disajikan dalam bentuk dawet.

Secara umum dawet Siwalan adalah minuman santan yang berisi buah siwalan, biasanya orang membuatnya dengan resep buah Siwalan ditambahkan dengan santan ditambahkan dengan gula aren kemudian ditambahkan es batu atau bisa langsung dengan menggunakan air dingin.

Dawet Siwalan biasanya mudah didapatkan di sepanjang jalan di kawasan Tuban minuman ini merupakan salah satu minuman tradisional yang masih banyak dicari. Minuman khas tradisional Tuban dawet Siwalan merupakan salah satu minuman yang tidak lekang oleh waktu karena Minuman ini sangat enak dan bisa dikonsumsi oleh dari anak-anak. Anda juga bisa menikmati masakan tradisional tuban saat anda berkunjung ke tuban.

Itulah beberapa minuman khas tradisional Tuban yang bisa anda dapatkan selama berkunjung di Kabupaten Tuban, minuman khas tradisional tersebut merupakan minuman yang biasanya mudah dicari di kawasan tertentu. Dari secara keseluruhan minuman khas tradisional Tuban yang ada di atas yang telah kami Sebutkan merupakan beberapa minuman yang tidak cocok di konsumsi oleh anak seperti toak.

Post a Comment for "Minuman Tradisional Khas Tuban yang Perlu Anda Coba"

Join WhatsApp GROUP

JOIN GROUP in WhatsApp. It’s time for you to be patient waiting for our sharing.

Join Now