Potensi Tuban Kekayaan Alam dan Industri Maritim

Kabupaten Tuban merupakan salah satu kabupaten yang cukup besar di wilayah Jawa Timur. Banyak Potensi tuban yang harus dikelola secara profesional, potensi tuban di beberapa wilayah untuk kesejahteraan masyarakat.

Secara demografi Kabupaten Tuban memiliki 1,2 juta penduduk, ada beberapa komoditas utama yang menjadi andalan Kabupaten Tuban. Potensi besar yang ada di itu kan ada berbagai macam diantaranya adalah pertanian, wisata alam dan industri maritim.

Masyarakat besar sampai hari ini Pemerintah Kabupaten Tuban masih fokus pada pembangunan infrastruktur dan pembangunan daerah Tertinggal. Kabupaten yang terletak 100 m sebelah barat dari pusat Provinsi memiliki potensi yang luar biasa.

Potensi Tuban pada Kekayaan Alam


Keindahan alam yang tidak bisa dipungkiri Kabupaten Tuban merupakan salah satu objek wisata alam yang menjadi daya tarik. Ada pemandian yang terkenal yaitu pemandian bektiharjo.

Potensi alam yang lain ada di beberapa tempat seperti air terjun dan wisata pantai.

Masih banyak catatan dalam pengelolaan potensi wisata yang ada sepertinya pemerintahan Kabupaten Tuban masih belum maksimal dalam mengejar target pendapatan dari potensi wisata alam.

Potensi Tuban Hasil Pertanian

Pada wilayah Tengah Kabupaten Tuban yaitu masuk Kecamatan semanding dan Grabagan, dua Kecamatan ini adalah dua wilayah yang mampu memproduksi jagung ribuan ton dalam satu kali panen.

Sampai hari ini pengelolaan lahan yang dimiliki oleh pemerintah dalam hal ini Perhutani diserahkan secara Swadaya kepada masyarakat.

Pengelolaan lahan oleh masyarakat sampai hari ini hanya sebatas produk pertanian. Potensi pendapatan dari pertanian ini jika dikelola dengan sedikit modern bisa jadi akan bisa meningkatkan pendapatan asli daerah kabupaten tuban.

Butuh sentuhan para sarjana agribisnis jika Pemerintah serius dalam menggarap potensi pertanian yang ada.

Potensi Tuban dalam Pengelolaan Maritim

Yang kami maksud potensi maritim di sini adalah sebelah utara sepanjang dari Kecamatan Palang hingga Kecamatan bantar merupakan zona Pantai Utara.

Selama ini di zona pantai utara masih dikelola dengan swakelola, pemberdayaan antara masyarakat dan aparatur desa.

Potensi maritim pada Tuban terbagi menjadi beberapa bagian. Diantaranya objek wisata pantai dan wilayah nelayan.

Pada objek wisata pantai sampai hari ini pengelolaan masih standart seperti halnya pengelolaan pantai yang tidak dikelola dengan secara profesional. Ada banyak potensi wisata pantai yang bisa dimanfaatkan menjadi potensi alam yang sangat luar biasa.

Sedangkan pada wilayah nelayan sampai hari ini produktivitas nelayan masih sangat bergantung pada alam, teknologi penangkapan ikan yang menggunakan teknologi nenek moyang sampai hari ini masih dipertahankan.

Hasil dari tangkapan ikan oleh nelayan rata-rata di dijual mentah. Hingga hari ini belum banyak para akademisi atau para pengusaha yang ikut terjun dan memberikan nilai tambah pada hasil tangkapan para nelayan.

Itulah sedikit dari kami tentang potensi Tuban. Ada Banyak pakar seharusnya yang lebih paham Bagaimana menjelaskan Lebih detail tentang potensi Tuban supaya Tuban ke depan mampu bersaing dengan kabupaten lain. Mau tidak mau pendapatan asli daerah harus ditingkatkan demi kemaslahatan bersama untuk menaikkan kesejahteraan warga .

Potensi Tuban sangatlah menarik jika dilihat lebih dalam, seharusnya para stakeholder lebih bisa mendalami Potensi alam dan bisa menjelaskan Lebih Detail Bagaimana ke depan Tuban bisa bersaing dengan potensi tuban yang dimiliki.

1 komentar: