Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wisata Tuban Terbaru 6 Keindahan Alam dan Wisata Religi Wajib Dikunjungi

Saat anda melakukan perjalanan jauh melintasi jalan pantai utara, sebaiknya anda berhenti sejenak dan bersantai di Kabupaten TUBAN. Wisata TUBAN yang elok, TUBAN yang biasa di kenal dengan sebutan bumi wali layak diperhitungkan dalam hal wisata. Keindahan wisata tuban akan menghipnotis pada saat anda jalan-jalan ke sini. Kabupaten dengan julukan RONGGOLAWE ini memiliki tempat wisata alam yang cukup memukau, berikut ulasan tempat wisata tuban jawa timur:

Wisata Tuban Terbaru 6 Keindahan Alam dan Wisata Religi Wajib Dikunjungi

Mengenal sedikit lebih jauh tentang Kabupaten Tuban

Kabupaten Tuban merupakan salah satu kabupaten yang berada di profinsi Jawa Timur dan terletak di pinggiran Pantai Utara. Kabupaten yang memiliki jumlah penduduk cukup besar ini dihuni dengan jumlah penduduk sekitar 1,2 juta jiwa "data sensus penduduk 2017" dan memiliki 311 desa 17 kelurahan serta 20 kecamatan. Data ini menurut inituban.com sangatlah besar dibandingkan dengan seluruh propinsi jawa timur yang jumlah penduduknya 39.698.631 jiwa (per 2019) dengan luas wilayah 47.922 km². 7.724 desa 777 kelurahan dan 666 kecamatan.

Kabupaten Tuban yang bertempat di perbatasan jawa tengah jawa timur menjadi salah satu aspek setrategis untuk di unggulkan. Dengan jalan nasional Dendels yang melintang dari Propinsi jawa tengah jawa timur di pinggiran pantai utara menjadikan kab tuban banyak dilirik oleh investor baik asing maupun dalam negri, kita contohkan beberapa perusahaan yang sudah bertaraf nasional bahkan hampir internasional ada di tuban, semen gersik sekarang berubah nama menjadi Semen Indonesia, Semen Holcim, dan baru baru ini pertamina mendirikan pabrik yang di klaime menjadi pabrik kilang minyak tercanggih di jagat dunia ini, hemmm patut kita bertepuk tangan dan berbangga sebagai wrga tuban, namun disini yang jadi pertanyaan kita semua, bagaimana dengan nasib warga tuban? dengan keunggulan yang dimilikinya, silahkan jika ingin berkomentar di bawah ini ya.

Luas wilayah

Luas wilayah laut Kabupaten Tuban seluas 22.068 km2, memiliki panjang 65 km, dan wilayah darat 183.994.561 Ha. Dengan Ketinggian daratan bekisar antara 0 - 500 mdpl. Letak koordinat astronomi  6o 40' - 7o 18' LS , 111o 30' - 112o 35 BT. Untuk iklim Kab Tuban memiliki iklim kering 1 kecamatan beriklim agak basah 19 kecamatan beriklim kering.

Pada jalur pinggiran pantura terdapat jajaran gunung kapur yang melintang dari Kecamatan Soko sampai Kecamatan Merakurak, dan Kecamatan Widang hingga Kecamatan Jatirogo. Untuk wilayah lautya berderet ada 5 lokasi dari Timur ke Barat dimulai dari Kecamatan Palang, Tuban, Jenu, Tambakboyo, dan Kecamatan Bancar.

Kabupaten Tuban berada pada jalur pantura dan pada deretan pegunungan Kapur Utara. Pegunungan ini membentang dari Kecamatan Jatirogo sampai Kecamatan Widang, dan dari Kecamatan Merakurak sampai Kecamatan Soko.

1. Wisata tuban air terjun Air terjun Ngelirip

Air terjun dengan mitos putuskan pasangan, Air terjun yang ada di desa Jojogan kecamatan singgahan kabupaten tuban, merupakan salah satu destinasi tempat wisata tuban yang jadi andalah karena keindahannya. Air terjun dengan ketinggian 25 meter, cukup menawan jika anda gunakan berfoto selfi dengan keluarga, kerabat, dan teman, karena air terjun nglirip ini dikelilingi dengan padatnya hutan jati kawasan perhutani. Nglirip termasuk air terjun yang punya legenda khusus, jika anda berkunjung ke air terjun ini lebih baik datang sendiri karena ada mitos yang datang dengan pasangan akan putus." ini hanya mitos ya boleh percaya boleh tidak ". Namun menurut mitologi dari para ahli sepritual mereka mengatakan bahwasanya ngelirip dulu merupakan tempat bersemedinya putri ngelirip hingga jasadnya tak diketemukan, nah dari sedikit cerita ini ngelirip merupakan tempat wisata yang cocok untuk merenung atau menghayati tentang kehidupan, "ini menurut mimin ya" jika sahabat iniTuban.com memiliki komentar tentang wisata air terjun ngelirip silahkan berkomentar di bawah ini.

Lokasi:

 

2. Patai Remen / Pantai Pasir Putih Remen Tuban

Pantai ke-suka-an kita semua. Kata remen di ambil dari bahasa jawa yang artinya suka dalam bahasa indonesia. Pantai remen adalah salah satu tempat wisata pantai yang terletak di Kabupaten Tuban jawa timur dan sangat layak anda masukan dalam daftar kunjungan wisata anda. Nama pantai remen di ambil dari nama desa remen kecamatan jenu kabupaten tuban. Pantai ini mendadak terkenal sejak beberapa orang mengunggah gambar di media sosial pada saat berfoto selfi, sehingga dengan viralya foto foto yang banyak diunggah di akun sosmed mereka menjadikan wisata pantai remen dengan sendirinya banyak di kenal oleh khalayak umum.

Lokasi:

Wisata ini mayoritas pendudukya mencari penghasilan sebagai nelayan, ini sangat cocok buat berlibur bersama orang terdekat anda. Pastinya banyak terdapat ikan ikan segar setiap hari di area wisata ini.


3. Wisata gua di tuban Goa Akbar

Goa alami ciptaan Tuhan yang terbentuk murni atas dasar proses alam yang memiiki keunikan sendiri dari wisata goa yang ada di seluruh nusantara. Kabupaten Lamongan punya goa maharani, kalo Tuban punya goa akbar diantara dua goa yang mimin sebutkan memiliki keunikan sendiri sendiri dari ornamen dinding dinding goa dan lokasinya. Nah untuk lokasi goa akbar sendiri berada tepat di bawah Pasar baru tuban, keren kan!!!, wisata ini layak anda kunjungi bersama orang terdekat anda. 

Lokasi

Goa Akbar terletak di desa gedongombo semanding kabupaten tuban, Nama Akbar "Goa Akbar" diambil dari bahasa arab yang artinya terbesar. Besarnya goa akbar ini cukup memikat banyak pewisata, anda perlu mencoba jalan-jalan ke tempat wisata tuban ini dengan keluarga anda. Goa akbar merupakan kebesaran dan kemegahan goa ini menunjukan betapa besar kuasa Tuhan yang telah menciptakannya, anda bisa menikmati keindahan wisata goa ini dengan tetap menjaga keindahan saat anda berkunjung ke sana.

 

4. Pantai Boom

Pantai sejarah peninggalan majapahit ini terletak di seberang alun-alun kota, pantai yang memiliki nilai historis dan menjadi salah satu tempat faforit destinasai wisata tuban. Konon pantai ini mulanya pelabuhan kerajaan majapahit, setelah runtuhnya majapahit pantai ini tidak terurus sehingga sempat menjadi pangkalan gelandangan dan pengemis. Namun, anda jangan hawatir karena kini pantai boom sudah layak anda kunjungi karena pantai ini sudah di tata ulang oleh arsitek jebolan UIN Malang, berkat sekripsi mahasiswa arsitek tersebut, kini pantai boom indah dan nyaman bagi anda dan keluarga.

Lokasi:


 

5. Makam Sunan Bonang

Makan wali penyebar agama Islam yang terletak di sebelah alun alun kota Tuban Jalan Kh Mustain, Kutorejo. Makam sunan bonang menjadi salah satu tempat destinasi wisata tuban dan masuk dalam kategori wisata religi, anda bisa bebas melakukan kunjungan 24 jam ke makan ini. Wisata religi Sunan Bonang yang pada masa itu, sunan bonang dikenal sebagai seorang penyebar agama Islam yang wafat dan di makamkan di Kab Tuban jawa Timur, lokasi wisata religi ini menjadi sangat ramai di kunjungi pada bulan-bulan tertentu, para peziarah biasanya ikut serta hadir dalam haul sunan bonang. Makam yang terletak dibelakang Masjid Agung ini cukup menarik, anda akan menemukan relif-relif jawa warisan hindu-budha yang masih terjaga rapih. Keindahan makan sunan bonang juga di dukung oleh masjid agung, masjid yang di buat jaman pra-kemerdekaan Indonesia yaitu di buat oleh orang belanda BOHM Toxopeus arsitek berkebangsaan Belanda,yang pada massa itu oleh Raden Toemengoeng Koesoemodiko menunjuk dia sebagai arsitek dalam pembangunan Masjid agung.

Lokasi:

6. Pemandian Alam Bekti Harjo (Pemandian Bektiharjo)

Pemandian bektiharjo ini sangat unik dimana wisata ini dihuni oleh ratusan kera yang berlalulalang bebas. Bektiharjo merupakan pemandian alam yang bisa anda kunjungi dari mulai hari Minggu, Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu, pada jam 08:00 - 17:00 Wib.

Lokasi:

Pemandian ini terletak di desa bektiharjo kecamatan semanding kabupaten tuban jawa timur. Wisata keluarga pemandian dengan ratusan kera ini sangat menarik. Setelah anda berkunjung keliling wisata tuban tentu anda butuh relaksasi, pemandian bekti harjo menjadi tempat yang layak anda jadikan sebagai tempat tujuan wisata tuban.

 

Pemandian alam berktiharjo merupakan wisata tuban yang asli alamya tetap terjaga, kesejukan pemandian bektiharjo menjadi destinasi wisata tuban yang akan tetap menarik. Akhirnya selamat berjalan-jalan dan berwisata menuju tuban.

Post a Comment for "Wisata Tuban Terbaru 6 Keindahan Alam dan Wisata Religi Wajib Dikunjungi"

Join WhatsApp GROUP

JOIN GROUP in WhatsApp. It’s time for you to be patient waiting for our sharing.

Join Now