Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Detail Term of Reference Kegiatan atau Seminar

Tahukah anda sahabat, bahwa setiap kegiatan organisasi memerlukan sebuah perencanaan, perencanaan dan pola dalam sebuah kegiatan tentu harus ditunjukkan oleh steering committee dan ketua pelaksana. Dalam sebuah acara selayaknya ada panduan pokok yang dipegang oleh Baik panitia acara atau oleh pemateri yang akan mengisi sebuah acara tersebut.

Panduan atau aturan pokok dalam sebuah acara seringkali disebut dengan term of reference atau sering disingkat dengan TOR, fungsi utama dari TOR adalah untuk memberikan guideline bagi pengisi atau pemateri dalam sebuah acara baik berupa acara pelatihan atau sebuah seminar. Fungsi dari guideline ini untuk memberikan batasan secara terperinci serta untuk mengetahui target atau sebuah capaian yang akan didapatkan dari pemateri yang memberikan presentasi.
Contoh Detail Term of Reference

Contoh TOR dan Rincian


Di dalam sebuah tor selayaknya terdiri dari berbagai macam unsur diantaranya sebagai berikut:

Judul adanya judul ini bertujuan untuk memberitahukan gambaran umum tentang sebuah topik yang akan dibahas dalam sebuah pelatihan atau seminar dengan judul ini pemateri bisa tahu pandangan atau pembahasan umum dalam sebuah acara tersebut.

Tujuan umum tujuan umum yang dimaksud dalam sebuah tor biasanya berisi tentang capaian dan target secara umum, dalam skala besar dari sebuah acara baik berdampak secara langsung atau tidak langsung dari hasil sebuah acara atau seminar yang dilaksanakan.

Tujuan khusus tujuan khusus ini di tujukan kepada target atau capaian yang ingin dicapai oleh panitia lebih spesifik dari pemateri secara khusus contoh ketika dalam suatu acara ada beberapa pemateri maka pada tujuan khusus ini spesifikasi disetiap TOR akan berbeda untuk masing-masing pemateri.

Pelaksanaan sebuah acara harus ditentukan lebih dahulu kapan, hari tanggal, dan waktu. idealnya panitia atau steering committee memberikan rincian secara detail bagaimana kondisi sebuah tempat dalam acara, beserta memberikan detail Kapan acara dan waktu dilaksanakan secara khusus pula Kapan pemateri tersebut atau pemateri tertentu mengisi sebuah acara pada pelatihan atau seminar.

Resume yang dimaksud resume di sini adalah lebih spesifik dari sebuah tujuan, resume biasanya menjelaskan tentang tujuan secara spesifik dan sudah mengandung langkah-langkah strategis dan taktis.

Konteks Kontekstula atau kondisi peserta yang dimaksud, konteks atau kondisi peserta adalah stering komite dan dan panitia acara menjelaskan Bagaimana kondisi para peserta dalam sebuah pelatihan atau seminar. tujuan dengan kontekstualisasi ini adalah untuk menggambarkan target dari acara tersebut siapa saja, Bagaimana latar belakangnya, dan untuk apa kemudian acara atau seminar itu diadakan. latar belakang, jenis kelamin, usia, hobi, suku, dan lain-lainnya dari kontekstualisasi menjadikan dasar sebuah pelatihan atau seminar, dengan seperti itu pemateri atau orang yang memberikan presentasi bisa dengan mudah mengidentifikasi apa yang akan disampaikan dengan kontekstual dari objek tersebut.

Penutup pada bagian penutup biasanya diisi dengan harapan umum dan tujuan dari contoh TOR itu dibentuk dengan seperti itu lebih spesifik steering committee dan panitia acara bisa menggambarkan harapan yang umum yang ingin dicapai dalam sebuah seminar atau pelatihan.

Keterangan yang dimaksud keterangan adalah memberikan penjelasan tambahan yang berguna untuk pemateri atau pemberi presentasi guna mempersiapkan kebutuhan kebutuhan secara detail atau secara khusus agar bisa menunjang suksesnya sebuah pelatihan atau seminar. Keterangan secara khusus biasanya bisa berubah sebuah request khusus terhadap pemakalah atau pemateri kira-kira alat atau keperluan apa yang bisa Diminta kepada panitia atau steering committee untuk menunjang presentasi agar lebih menarik dan mudah ditangkap.

Itulah dari kami bagaimana teknis dan contoh TOR secara sederhana agar mudah dalam membuat sebuah pelatihan atau seminar, dengan seperti itu organisasi atau Panitia acara bisa dengan mudah mengevaluasi target serta capaian Setelah sebuah acara dilakukan. Pentingnya Store bagi para pemberi makalah dan steering committee serta panitia acara adalah untuk memantau berjalannya sebuah acara serta akan memudahkan dalam evaluasi sebuah pelatihan atau seminar.

Itulah sedikit dari kami penjelasan sedikit tentang term of reference yang bisa anda gunakan untuk membentuk sebuah konsep dari seminar atau acara, dengan contoh TOR diatas kami harap anda bisa dengan mudah membuat sebuah konsep yang sistematis dan terukur dengan seperti itu Anda bisa membuat seminar atau acara yang berkualitas dan memberi manfaat kepada orang banyak. Bagikan kepada kami pada komentar melalui kontak pesan pada kami Bagaimana persiapan atau feedback Anda setelah membaca konten ini Terima kasih banyak.

Post a Comment for "Contoh Detail Term of Reference Kegiatan atau Seminar"

Join WhatsApp GROUP

JOIN GROUP in WhatsApp. It’s time for you to be patient waiting for our sharing.

Join Now